Sabtu, 27 Oktober 2012

MSKM

MICROPROSESSOR




Microprosesor dalam sebuah komputer merupakan Integrated Circuits (IC) yang didalamnya terdapat Arithmatic Logic Unit , Control dan register . meski bentuknya kecil namun mikroprosesor memiliki banyak transistor bahkan bisa sampai sepuluh juta transistor didalamnya. Transistor disini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal untuk meneruskan data dalam proses pengolahan data di mikroprosesor . Mikroprosesor juga terdiri dari area kerja yang dikenal dengan register - register yang merupakan media penyimpanan untuk menangani instruksi dan data dalam kecepatan yang sangat tinggi dan digunakan untuk berbagai macam fungsi pemrosesan . Di masyarakat luas , mikroprosesor ini lebih dikenal sebagai prosesor atau CPU.






Karakter Microprosesor 
  1. Ukuran bus data internal ( internal data bus size) jumlah saluran yang terdapat dalam microprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antara komponen di dalam microprosesor.
  2. Ukuran bus data eksternal ( exsternal data bus size ) Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antara komponen antar mikroprosesor dan komponen di luar mikroprosesor.
  3. Ukuran alamat memory ( memory address size ) jumlah alamat memory yang dapat diamati oleh mikroprosesor secara langsung.
  4. Kecepatan Clock ( clock speed ) Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.
  5. Fitur - fitur spesial ( spesial features ) Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating pont , multimedia dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar